RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 8 Rambutan
Kelas / Semester : IV/1 (Satu)
Tema/ Topik :
1. Indahnya Kebersamaan
Sub tema / Sub topik : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Mata
Pelajaran : IPA, Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit ( 1 x Pertemuan)
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.2 Menggunakan teks instruksi tentang
pemeliharaaan pancaindra serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.2.1 Mempraktikkan langkah-langkah yang
terdapat pada teks percobaan perambatan bunyi.
IPA
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui
pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
Indikator
3.5.1 Menjelaskan perambatan sumber bunyi.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah melakukan percobaan, siswa dapat menjelaskan
perambatan sumber bunyi dengan benar.
2.
Setelah membaca instruksi, siswa mampu
mempraktikkan langkah-langkah percobaan perambatan bunyi dengan benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Instruksi percobaan perambatan bunyi
2.
Perambatan bunyi
E. PENDEKATAN
DAN METODE
Pendekatan :
Saintifik
Model :
Pembelajaran Kooperatif
Metode :
Ceramah, penugasan, diskusi, eksperimen
F. KEGIATAN
BELAJAR MENGAJAR (KBM)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
mengucapkan salam dan mengajak siswa untuk berdoa bersama.
2. Guru
mengecek kehadiran siswa.
3. Guru
bertanya mengenai pembelajaran sebelumnya
4. Guru
menyampaikan tujuan dan langkah-langkah pembelajaran
|
11 Menit
|
Inti
|
1. Guru
menyiapkan media pembelajaran
2. Siswa
dibagi ke dalam beberapa kelompok. Secara bergantian melakukan percobaan yang
ada pada buku siswa.
3. Siswa
mengisi tabel dan menjawab pertanyaan.
|
53 Menit
|
Penutup
|
1. Guru
dan siswa ih membuat kesimpulan pembelajaran.
2. Guru
menjelaskan langkah-langkah pembelajaran selanjutnya.
|
6 Menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber :
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta :
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta :
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.
Media :
Benang kasur, selang plastik, gelas
plastik, paku, corong, ember besar, air, dan batu koral.
H. Penilaian
1.
Prosedur ( Terlampir )
a. Sikap
b. Keterampilan
c. Pengetahuan
2.
Instrumen Penilaian ( Terlampir )
Mengetahui, Rambutan, Februari
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Drs. Laihat, M.Pd Bella
Lifia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar